Pertama Kali, Indonesia Promokan Produk Halal dan Mode Muslim di Trade Expo


Sariagri - Di tengahnya halangan epidemi COVID-19 yang menempa nyaris di pelosok dunia waktu dua tahun akhir, pameran dagang paling besar Indonesia (Trade Expo Indonesia ke-36) kembali dihelat Kementerian Perdangan (Kemendag) secara digital.

Mengusung objek Reviving Global Trade', Kemendag pengin berupaya siasat Indonesia untuk hidupkan kembali perdagangan global sekalian jadi inovasi baru buat eksekutor upaya untuk mempromokan produk-produknya pada tingkat dunia.

"Pada Trade Expo kesempatan ini untuk pertamanya kali kami akan juga mempromokan produk halal serta mode muslim Indonesia dengan siapkan basis khusus untuk beberapa produk halal Indonesia dan mengeluarkan Jakarta Muslim Mode Week yang bisa digelar secara back to back," tutur Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi dalam pembukaan Trade Expo Indonesia Digital Edition 2021', Kamis (21/10/2021).

Lewat promo produk halal serta mode muslim, lanjut Lutfi, Indonesia akan dibayangkan selaku industri halal serta kiblat style buat industri mode muslim dunia. Disebut Lutfi, pasar produk halal dunia paling menggiurkan, di mana masyarakat muslim dunia diprediksikan belanjakan lebih dari 2 triliun dolar AS di bagian makanan, farmasi, kosmetik, mode serta wisata.

"Ini yaitu kesempatan yang perlu kita fungsikan secara bagus. Waktu ini export Indonesia buat produk halal diperhitungkan hingga sampai 6 miliar dolar atau sama dengan posisi 21 dunia, sedang untuk export mode muslim diperhitungkan kira-kira 4,1 miliar dolar AS atau sama dengan 13 paling besar di dunia," tukasnya.

Mendag Lutifi menambah Trade Expo tahun ini diisi 834 pelaksana usaha, di mana bertambah dari tahun 2020 lalu yang cuman dituruti 690 aktor usaha. Ia yakin bisnis perdagangan pada Trade Expo Indonesia tahun ini dapat bertambah dari tahun awalnya.

"Bisnis perdagangan pada Trade Expo Indonesia tahun ini bakal bertambah, dibanding implementasi tahun 2020 yang capai 1,3 miliar dolar AS dan mentargetkan transaksi bisnis bisa bertambah sampai 1,5 miliar dolar AS tahun ini," jelasnya. halal bihalal