Cara Mengirim Pesan Atau Mengobrol Di Linux



Tutorial ini menjelaskan cara mengobrol di Linux tanpa menginstal. Menggunakan alat atau perangkat lunak pihak ketiga. Pelajari bagaimana perintah tulis, dinding, dan pesan digunakan untuk mengirim pesan ke pengguna lain yang masuk di terminal.

Ada banyak program kaya yang tersedia di Linux yang menawarkan obrolan melalui jaringan. Namun, jika Anda hanya memerlukan program atau alat dasar yang memungkinkan komunikasi antara pengguna yang masuk ke sistem, tidak perlu menginstal program tambahan atau alat pihak ketiga. Perintah bawaan Linux; menulis. Dinding sudah cukup untuk tujuan ini. Perintah tulis memungkinkan kita untuk mengirim pesan. Mengobrol secara real time dengan pengguna lain di sistem. Perintah dinding memungkinkan kita untuk mengirim pesan ke semua pengguna secara bersamaan.

Cara kerja perintah tulis dan perintah dinding

Linux adalah sistem multiuser. Ini memungkinkan beberapa pengguna untuk masuk. Bekerja secara bersamaan. Untuk menjaga aktivitas pengguna terpisah dari pengguna lain, sesi digunakan. Saat pengguna masuk, Linux memberikan sesi baru kepada pengguna tersebut dan menggunakan sesi ini untuk melacak, mencatat, dan memantau aktivitasnya.

Perintah write dan perintah wall menggunakan mekanisme yang cukup sederhana. Kedua perintah mengambil pesan dari satu sesi. Kirim ke sesi lain. Perbedaan antara kedua perintah tersebut adalah bahwa perintah tulis mengirimkan pesan ke satu sesi sedangkan perintah dinding mengirimkannya ke semua sesi.

Gambar berikut menunjukkan bagaimana perintah tulis mengirimkan pesan.

Gambar berikut menunjukkan bagaimana perintah dinding menyampaikan pesan. Kedua perintah tersebut adalah bawaan Shell. Tidak memerlukan konfigurasi atau pengaturan tambahan sebelum digunakan. - Kedua perintah hanya mengirim pesan. Artinya, untuk membalas pesan yang diterima, pengguna perlu menggunakan perintah yang sama lagi. - Kedua perintah mengirimkan pesan hanya di antara pengguna aktif. Artinya perintah ini tidak dapat digunakan untuk mengirim pesan ke pengguna yang log off. - Kedua perintah menggunakan sesi shell untuk mengirimkan pesan. Ini berarti perintah-perintah ini tidak dapat digunakan untuk mengirimkan pesan ke pengguna jaringan atau pengguna yang terletak di luar sistem.


setup lab untuk latihan


Buat beberapa akun pengguna, jika belum dibuat, dan login dari akun ini. Gunakan konsol virtual untuk masuk secara bersamaan.


Mengirim pesan ke semua pengguna


untuk mengirim pesan ke semua pengguna, gunakan dinding perintah (singkatan dari Tulis Semua). Penggunaan perintah Wall relatif sederhana. Ketik dinding pada prompt perintah. Tulis pesannya. Anda dapat menggunakan simbol, karakter atau ruang putih apa pun dalam pesan. Anda dapat menulis pesan dalam berbagai baris juga. Setelah mengetik pesan, gunakan Ctrl + D untuk mengirimnya ke semua pengguna.techking.id Pesan ini akan ditampilkan pada terminal semua pengguna yang saat ini masuk.


Mengobrol di Terminal atau mengirim pesan ke pengguna individu


untuk mengirim pesan kepada pengguna individu, gunakan perintah tulis. Untuk menggunakan perintah tulis, ketik tulis pada prompt perintah diikuti dengan nama pengguna yang ingin Anda kirimi pesan. Misalnya, jika pengguna c ingin mengirim pesan ke pengguna a, ia akan menggunakan perintah berikut:

Perintah ini memulai sesi obrolan yang menangkap apa pun yang diketik pengguna pada baris perintah baris demi baris dan mengirimkannya pada baris perintah pengguna b. Apa pun yang dilakukan pengguna a, pesan akan ditampilkan di terminalnya, selama dia memiliki sesi aktif. Untuk mengabaikan pesan yang diterima, pengguna a harus menekan tombol Enter. Jika pengguna ingin membalas, ia harus memulai sesi obrolannya sendiri dengan mengetikkan perintah berikut.

Untuk mengakhiri atau menutup kedua sesi obrolan, kedua pengguna perlu menekan kombinasi tombol ctrl+c.

Seluruh proses ini dapat dibagi dalam tiga langkah; memulai/memulai obrolan, mengobrol, dan mengakhiri/mengakhiri obrolan. Mari kita pahami proses ini dengan sebuah contoh. Misalkan dua pengguna; C. A ingin mengobrol.

Memulai/memulai obrolan

Karena perintah tulis memungkinkan obrolan hanya dengan pengguna yang masuk, pengguna c mengeksekusi perintah who. Perintah yang mencetak daftar semua pengguna yang masuk. Dari output perintah who, pengguna c mengonfirmasi bahwa pengguna a telah login.

Pengguna c mengetik menulis a pada prompt perintah dan menekan tombol Enter. Ini membawa prompt obrolan untuk pengguna c. Kemudian pengguna c mengetik pesannya. Menekan tombol Enter lagi. Kali ini, perintah tulis mengambil pesan yang diketik dan mencetaknya ke prompt perintah pengguna a.

Seperti disebutkan di atas, perintah tulis hanya mengirimkan pesan. Itu tidak menerima balasan pesan. Jadi, jika pengguna a ingin membalas, ia harus membuka sesi obrolannya secara terpisah. Untuk melakukan ini, pengguna a pertama-tama mengabaikan pesan yang diterima dengan menekan tombol Enter dan kemudian mengetik write c pada prompt perintah dan menekan tombol Enter untuk memulai sesi obrolannya.

Mengobrol

Setelah sesi obrolan dimulai dari kedua ujungnya, mereka dapat bertukar pesan. Untuk mengirim pesan dalam sesi obrolan aktif, mereka hanya perlu menekan tombol Enter.

Mengakhiri/mengakhiri obrolan

Setelah obrolan selesai, mereka dapat mengakhiri sesi obrolan dengan menekan tombol ctrl+c.

Gambar berikut menjelaskan contoh ini langkah demi langkah.

Menghentikan/mengontrol obrolan atau pesan

Karena perintah tulis mengirimkan pesan tanpa pemberitahuan sebelumnya yang mengganggu tugas yang sedang berjalan, terkadang itu menjadi sangat mengganggu. Misalkan seorang pengguna sedang mengedit file konfigurasi kritis dan dia menerima pesan yang tidak berguna dari pengguna lain tepat di tengah pengeditan, bagaimana perasaannya?

Untungnya, perintah tulis memungkinkan kita untuk mengontrol pesan yang masuk. Jika Anda tidak ingin menerima pesan apa pun, cukup matikan pesan masuk dengan perintah mesg.

Penggunaan perintah mesg cukup sederhana. Untuk mematikan pesan masuk, gunakan perintah mesg n dan untuk mengaktifkannya kembali, gunakan perintah mesg y.

Gambar berikut menunjukkan contoh perintah ini.

Itu saja untuk tutorial ini. Jika Anda menyukai tutorial ini, jangan lupa untuk membagikannya dengan teman-teman melalui jejaring sosial favorit Anda.