Mengenal Planetary Mixer Alat Pengaduk Roti


Mixer merupakan alat utama untuk anda yang ingin membuat produk-produk bakery. Mixer memiliki fungsi untuk mengaduk bahan sehingga menghasilkan adonan sesuai dengan tekstur yang diinginkan sehingga bisa digunakan untuk tahap berikutnya pada proses bakery. Planetary mixer adalah salah satu jenis mixer yang paling banyak digunakan oleh para pemilik bakery dan pastry untuk mengaduk adonan kue agar rata dan sempurna. Mixer ini sangat terkenal, khususnya dalam dunia kue, karena bisa mengaduk adonan secara kalis hanya dalam hitungan menit.

Sesuai dengan namanya, fitur utama dari Planetary Mixer adalah untuk melakukan proses pengadukan atau mixing adonan kue atau roti. Planetary Mixer biasanya banyak digunakan oleh produsen kue atau roti di Indonesia, baik skala kecil ataupun besar. Selain fitur yang terbilang cukup lengkap, Planetary Mixer juga memiliki ukuran yang variatif. Planetary Mixer ini memiliki banyak ukuran mulai dari 3 kg sampai 50 kg bahkan bisa lebih dan umumnya mixer ini memiliki fitur yang cukup lengkap.

Contoh Planetary Mixer:

https://sinergitrikarya.com/product/planetary-mixer-sm-101/

Planetary mixer berbeda dengan spiral mixer, biasanya digunakan untuk mengaduk adonan dalam jumlah banyak. Sedankang, pada mixer lainnya hanya digunakan untuk mengaduk adonan dalam jumlah sedikit.  Nah, untuk mengenal tentang planetary mixer mari simak pembahasannya dibawah ini. Pada dasarnya sebuah Planetary Mixer adalah sebuah pengaduk yang bergerak akibat dari pergerakan as pada mesin. Pola geraknya sama persis seperti pola gerakan bulan dan matahari. Bulan bergerak mengelilingi bumi dan bulan mengikuti pergerakan bumi yang mengelilingi matahari pada orbitnya sesuai dengan perputaran bumi.

Namun selain itu, mixer planetary juga memiliki spesifikasi yang cukup unik, yaitu badan mixer ini memiliki bentuk paling besar dan menjadi inti utama yang menggerakan mixer. Pada bagian ini dilengkapi dengan tombol yang berguna untuk mengatur kecepatan, serta ada juga yang dilengkapi dengan tombol pengatur waktu. Jenis pengaduk ini digunakan untuk mengaduk adonan cookies ataupun cake yang padat (pound cake). Dengan menggunakan jenis pengaduk ini, tidak akan banyak udara yang diperangkap namun menghasilkan adonan yang merata.

Balloon whisk merupakan jenis pengaduk yang berbentuk seperti balon udara dari kawat. Jenis pengaduk seperti ini sering digunakan untuk mengaduk adonan adonan dengan tekstur cair seperti sponge cake ataupun butter cream yang ringan. Pengaduk ini digunakan ketika akan mengaduk adonan yang sangat lengket, contohnya adalah adonan roti. Dengan menggunakan jenis pengaduk ini, adonan roti akan mudah menjadi kalis dan terbentuk adonan yang sempurna. Sedangkan untuk tatakan atau mangkok mixer ini biasa disebut bowl Mmxer merupakan tempat mengaduk bahan-bahan yang nantinya akan dicampurkan.

Contoh Mixer Planetary:

https://sinergitrikarya.com/product/planetary-mixer-sm-20l/

https://sinergitrikarya.com/wp-content/uploads/2021/03/sm_20l.png

17 Views